Android vs iPhone : Manakah yang Lebih Unggul?

Perdebatan tentang Android vs iPhone sepertinya tidak pernah berakhir. Seperti yang kita ketahui kalau dari waktu ke waktu sistem yang digunakan pada smartphone selalu mengalami pembaruan untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat pada saat ini sesuai dengan perkembangan jaman. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pertanyaannya adalah, Mana yang lebih baik? Simak ulasan berikut yang telah kami rangkum untuk anda.

Android vs iPhone – Perbedaan Fitur

Untuk memudahkan melihat perbandingan antara Android dan iPhone, ada beberapa poin yang bisa dijadikan referensi. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Dalam Hal Penggunaan Android vs iPhone

Perbandingan pertama antara Android vs iPhone adalah dari segi penggunaan. Dalam hal ini, iPhone lebih unggul karena sistem iOS memiliki antarmuka terbilang mudah. Termasuk penggunaan Face ID untuk memudahkan pengguna dalam mengaktifkan perangkat. Namun, Android juga memiliki kemudahan dalam mengontrol penggunaan perangkat.

Android vs iPhone Keandalan dan Harga Mesin

Berikutnya adalah keandalan perangkat dan harganya. iPhone dirancang khusus untuk segmen pengguna premium. Seperti yang kita ketahui harga dari ponsel iPhone tidak ada yang murah. Berbeda dengan Android yang cukup unggul karena memiliki berbagai jenis kategori menengah hingga premium.

Android vs iPhone : Sistem Terbuka vs Tertutup

Membandingkan iPhone vs Android dengan kata lain membandingkan antara sistem tertutup dengan sistem terbuka. Di sini iPhone menggunakan sistem tertutup, artinya terbatas pada aplikasi dan sistem operasi buatan Apple tertentu. Berbeda dengan Android yang menerapkan sistem open source. Dengan cara ini, lebih mudah untuk beradaptasi dengan aplikasi yang berbeda.

Fitur AI dan Asisten Suara

Lalu, bagaimana dengan fitur AI, asisten suara, dan integrasi cloud. Android lebih memanfaatkan fitur Google Assistant untuk berbagai penggunaan aplikasi Google. Misalnya, Google Calendar dan Google Maps lebih sederhana. iPhone, di sisi lain, memiliki asisten suara SIRI Apple. Namun, penggunaannya terbatas pada perangkat iOS saja, sedangkan Google Assistant untuk iPhone juga dapat digunakan.

Integrasi dengan Cloud

Kedua sistem operasi tersebut mendukung integrasi dengan cloud atau komputasi icloud. Apple memiliki iCloud untuk menyimpan perangkat iOS Anda. Hanya saja, bagi sebagian pengguna, prosesnya cukup rumit dan sering bermasalah. Di sisi lain, Android memiliki banyak aplikasi yang sudah terhubung ke layanan cloud.

Memungkinkan anda untuk melakukan penyimpanan dengan sangat mudah. Terutama untuk file yang berhubungan dengan pekerjaan. Kemudian, tentang pembaruan perangkat lunak. IPhone dianggap paling sederhana, karena terintegrasi dengan layanan Apple secara keseluruhan. Ini berbeda dari Android yang memerlukan pembaruan berbeda – beda tergantung dari aplikasinya itu sendiri.

Android vs iPhone: Keamanan Perangkat

Faktor keamanan antara Android dan iPhone juga menjadi pertimbangan konsumen. Android memiliki potensi masalah keamanan seperti malware, terutama untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Agar lebih aman, pengguna Android disarankan mengunduh aplikasi dari PlayStore. Sedangkan iPhone lebih aman karena memiliki keunggulan dalam hal melindungi data pribadi konsumen.

Aksesori Kabel

Dalam hal kabel periferal perangkat keras, Android cukup unggul. Karena Android hadir dengan perangkat yang menggunakan port USB berbeda. Berbeda dengan iPhone yang dalam hal ini hanya port Lightning yang bisa digunakan. Oleh karena itu, jika pengguna iPhone ingin menghubungkan perangkat ke port lain, diperlukan saluran tambahan. Selain itu, port USB Android lebih murah daripada port Lightning iPhone.

Baterai

Membandingkan baterai dari dua sistem operasi sepenuhnya subjektif. Karena smartphone Android memiliki tipe yang berbeda-beda termasuk daya baterai. Namun, beberapa merek Android seperti Samsung, Google, Motorola, dll memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mengisi ulang baterai sesering iPhone. Namun, seberapa sering pengisian ini dilakukan juga tergantung pada penggunaan dan jenis ponsel.

Android vs. iPhone: Keragaman Aplikasi

Perbandingan lain juga dapat dilihat dari jangkauan aplikasi yang ditawarkan pada sistem. Dalam hal ini, Google Play untuk Android memiliki kumpulan aplikasi yang lebih beragam daripada AppStore iPhone. Dari data Statistic, dilaporkan ada sekitar 2,87 juta aplikasi di Google Play dan 1,96 juta aplikasi di AppStore pada akhir tahun 2020.

Kamera

Kemudian dari segi kamera. Padahal, kedua smartphone tersebut memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun, kamera pada Android lebih beragam dan memiliki pembaruan – pembaruan. Terutama dalam hal pengelolaan foto yang lebih baik, sederhana, dan menawarkan berbagai pengalaman pengguna yang beragam. Termasuk berbagai media penyimpanan seperti Google Foto yang dapat digunakan secara gratis.

Android vs iPhone, mana yang cocok untuk Anda?

Berdasarkan ulasan di atas, Android vs iPhone mana yang tepat untuk Anda? Kedua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Di sini, perlu untuk kebijakan pengguna apa yang dia inginkan. Termasuk dari segi fitur dan budget.

Jika Anda menginginkan pengalaman penggunaan yang sederhana, iPhone bisa menjadi pilihan. Ini karena iPhone mendukung ponsel cerdas Anda, termasuk baterai dan casing yang kuat. Begitu juga dengan berbagai aplikasi dan layanan purna jual yang baik.

Namun, jika Anda lebih memilih perangkat pintar untuk penggunaan yang lebih fleksibel, Android adalah pilihannya. Karena Android memiliki berbagai opsi untuk pengaturan perangkat lunak dan pengaturan kustomisasi berdasarkan pengalaman Anda. Termasuk penggunaan alat yang lebih beragam dari iPhone.

Apapun yang Anda pilih, selain memilih berdasarkan kebutuhan Anda, yang tak kalah penting adalah membelinya di tempat terbaik dan terpercaya. Dan yang pasti memberikan garansi untuk setiap barang yang anda beli.

Selamat Berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.